April 14, 2009

Oktober tahun 1987


Jakarta, 14 April 2009

Disela sela kesibukan gue luangin waktu nih buat bikin tulisan di blog. maklumlah baru punya Blog baru, and lagi seneng2nya nulis di blog.
jadi inget semalam waktu gue pulang dari kantor, kebetulan pulang jalan kaki berdua ama teman. Coz jarak dari rumah ke kantor gak berapa jauh kok, cuma kira-kira 1.5 KM lah.
Nah pas lagi nyebrang di perlintasan kereta api, karena hari sudah gelap gue lewat aja tuh, dan nggak sadar kalo tuh kereta udah beberapa puluh kilo meter aja, alhamdulillah nya selamat. Gue nya juga kali ye udah tau matanya "minus" eh lupa lagi nggak bawa kacamata. Perasaan sih tuh kereta masih jauh banget abis nggak begitu jelas juga, pas taunya udah deket banget. Hi ngeri juga kalo inget semalem. Gue jadi kepikiran ama kejadian tragedi Bintaro tahun 1987.

Belajar dari sejarah, kejadian tersebut berawal dari Sebuah kereta api yang berangkat dari Rangkasbitung, bertabrakan dengan kereta api yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang. Musibah di pagi hari itu menewaskan 139 orang dan mengakibatkan lebih dari 300 orang luka-luka. Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu musibah paling buruk dalam sejarah transportasi di Indonesia.

Penyelidikan setelah kejadian menunjukkan adanya kelalaian petugas Stasiun Sudimara yang memberikan sinyal aman bagi kereta api dari arah Rangkasbitung, padahal tidak ada pernyataan aman dari Stasiun Kebayoran.

Dan sampai sekarang aja masih inget dengan jelas detik demi detik tragedi tersebut, terdengar dentuman yang sangat keras di waktu subuh, karena jarak rumah gue waktu itu cuma 50 meter aja dari TKP.

Pagi-pagi gue liat orang berbondong-bondong ke Lokasi, pikir gue ada apa ini??? secara waktu itu umur gue masih 5 tahunan lah, pagi -pagi gue udah di ajakin kakak sepupu gue liat kejadian tersebut.
Perjalanan menuju lokasi memang sulit di jangkau karena harus melewati jalan setapak semacam semak belukar gitu lah, karena masih banyak pepohonan dan akses mobil kesana juga susah banget. Dan begitu sampai...masya Allah..... gue liat kereta itu saling "adu kepala" sampai menjulang keatas, bodi kereta hancur, terguling dan ringsek. gue liat banyak banget orang tua dan anak bayi yang selamat di gotong ke tempat yang lebih aman, ada yang kakinya cacat, hamparan darah disana-sini, satu lagi yang masih gue inget banget, ada seorang laki-laki dimana posisi dia sudah berlumuran darah dan terjepit di antara gerbong kereta, laki2 tersebut teriak-teriak seperti ini " tolong-tolong..panass...ambilin air..hausss....."
ih...sebegitu tragisnya kejadian pada saat itu???
Bahkan gue yang hanya melihat kejadian itu aja masih terekam di otak gue sampai sekarang, makanya terkadang guenya sendiri masih suka ngeri kalo lewat di rel kereta api. Apalagi kalo pas naik angkot yang ngelewatin rel kereta api, hiiii...jantung gue selalu berdebar-debar, nggak tau kenapa, rasanya selalu teringat kejadian itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar