November 10, 2009

Hari Pahlawan

Hari ini bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional. Mau ngingetin dikit buat diri sendiri khususnya sebagai anak Bangsa Indonesia karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu bagaimana cara menghormati dan menghargai jasa pahlawannya.” Demikian Soekarno pernah mengatakan. Namun nampaknya kita belum berhak menyandang predikat sebagai bangsa yang besar kalau sebagian dari kita labih mengenal Che Guavara atau Abraham Lincoln di bandingkan dengan Tuanku Imam Bonjol dari Sumatera Barat, Teuku Tjik Ditiro, Teuku Umar dari Aceh atau Sultan Hasanuddin dari Sulawesi, nama tersebut adalah sebagian kecil saja dari para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Penghormatan kepada para pahlawan bukan berarti upaya sebagai bentuk pendewaan terhadap mereka atau di sakralkan, namun setidaknya para generasi muda kita tahu betul sejarah negara nya dari ketika masih belia dengan cara mengenal lebih dahulu dari belajar sejarah.

Gue yakin kalau para generasi muda Indonesia sadar akan jasa pahlawannya, bagaimana mereka hanya berjuang dengan alat yang sederhana bisa mewujudkan Negara Indonesia yang Merdeka, negara gue pasti akan jadi Negara yang besar yang cinta damai, karena mereka sadar bahwa Kesatuan Negara Republik Indonesia adalah di atas segala-gala nya.

Namun sepertinya Para Pahlawan di Negeri ini bagai angin lalu, mereka hanya di ketahui tapi mudah untuk di lupakan, jejak perjuangan mereka tidak banyak di minati oleh generasi penerusnya. Karena pada kenyataan nya banyak dari kita yang tidak tahu atau mungkin tidak ingin belajar bagaimana mengenal pahlawannya sendiri. Sungguh Ironis....

Bagaimana jadinya jika bangsa ini sudah mulai melupakan sejarah, mungkin 10 atau 20 tahun yang akan datang sejarah para pejuang Indonesia sudah "mati". Kadang gue juga ketawa sendiri kalo liat tayangan tayangan para mahasiswa yang nggak hapal dengan Pancasila, Isi Sumpah Pemuda apalagi dengan riwayat pahlawannya, sedkit saja.

Indonesia adalah negara yang penduduknya besar, andai saja kita mencontoh negara sakura yang bisa menghargai jasa para pahlawa nya, niscaya negara ini bisa lebih kuat dari pada negara yang lain. Tapi pertanyaan nya, Siapkah kita menjadi bangsa yang besar ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar