Agustus 09, 2010

Ramadhan tiba


Insya allah tidak berapa lama lagi kita akan melaksanakan bulan penuh rahmat dan hikmah ini. Ada kesenangan tersendiri saat kita berjumpa dengan Ramadhan. Seperti kita lihat di tv, dimana mereka yang tidak menggunakan jilbab maka di bulan itu mereka berbondong bondong menutup aurat mereka. Alhamdulillah. semoga berkelanjutan. Kemudian saya sendiri mengalami dimana pada saat di luar bulan Ramadhan rasanya 'malas' untuk berdoa di sepertiga malam yang akhir, di bulan Ramadhan ada 'kekuatan' tersendiri bagi saya untuk beribadah lebih giat di hari itu. Mungkin karena di Bulan Ramadhan Allah menutup pintu-pintu Neraka, Allah juga melipatgandakan amal baik setiap manusia, serta ' memenjarakan' syaitan.. oleh karena itu banyak di antara kita yang tadinya enggan untuk melakukan ibadah menjadi sebaliknya dan menurut saya itu amazing...Subhanallah sungguh dahsyat Bulan Ramadhan itu.

Ritual2 yang dalam kehidupan sehari hari mungkin terlewatkan, seperti Makan bersama, baik di waktu sahur ataupun di waktu berbuka puasa, pergi ke masjid bersama, tadarusan, dan mungkin banyak suara petasan akan kita temui di bulan ini, tapi untuk yang terakhir saya sebutkan sebaiknya sebagai umat muslim tidak menggunakan petasan dan sejenisnya untuk permainan. memang hal tersebut identik dengan bulan puasa namun hal tersebut juga berarti mubazir dan mengganggu ke khusyukan orang dalam melakukan ibadah.

Meskipun demikian Ramadhan memang sudah di wajibkan sejak zaman Nabi Muhammad berdasarkan perintah Allah SWT dalam Alquran surah Al-Baqarah [2] ayat 183. "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa." Adapun Syarat bagi mereka yang wajib berpuasa adalah sebagai berikut :
  1. Beragama Islam
  2. Berakal sehat
  3. Baligh (sudah cukup umur)
  4. Mampu melaksanakannya
  5. Orang yang sedang berada di tempat (tidak sedang safar)
Masih beruntung kita hanya di wajibkan berpuasa dari sejak terbitnya fajar hingga tenggelam nya matahari, karena jaman Kenabian dahulu mereka berpuasa dari terbit fajar hingga tenggelam matahari, berbuka puasa setelah itu di lanjutkan lagi sampai ke esokan harinya, sungguh amat sangat berat kalau mengingat perjuangan para pendahulu2 kita.

Mudah-mudahan di Ramadhan kali ini kita sebagai umat muslim bisa lebih meningkatkan lagi ibadah kita selama di bulan suci Ramadhan, karena Allah telah mengobral Pahala HANYA di bulan Ramadhan ini, mengampuni dosa para HambaNya, serta banyak hikmah yang tidak kita dapatkan pada Malam Lailatul Qodar, semua itu HANYA ada di Bulan Ramadhan. Beruntung sekali manusia manusia yang berjumpa dengan bulan Ramadhan dan melakukkan yang terbaik dalam bulan yang suci ini. Subhanallah.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar