Desember 21, 2010

Waspadai Batik China

Batik, yang mulanya berasal dari kata amba=lebar dan titik=titik atau tulisan, lalu lama kelamaan di singkat menjadi batik, yang artinya tulisan berupa titik titik yang panjang dan akhirnya menghasilkan karya seni tinggi yang begitu indah. Sseperti yang kita lihat, setiap daerah di Indonesia mempunyai ragam dan corak batik yang beragam mengikuti khasanah budaya masing masing, makanya jangan heran kalau batik di Indonesia beragam dengan motif motif yang luar biasa indahnya. Batik yang merupakan warisan leluhur budaya ASLI Indonesia suidah ada sejak zaman dahulu, terutama di Pulau  Jawa. Namun sayang karena dari dulu hak paten yang kurang di sosialisasikan di negara ini, entah karena kesulitan birokrasi atau yang lain nya  tentang hak paten itu sendiri, sempat tersiar bahwa batik yang jelas2 asli milik orang Indonesia malah di akui sebagai Milik Negara tetangga, miris memamng warisan budaya yang satu ini kalau sampai 'diakui' sebagai milik orang lain. 

Sampai Akhirnya pada 2 Oktober 2009 kemarin baru UNESCO, Badan Dunia yang menangani masalah Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan telah menetapkan bahwa Batik adalah Warisan Kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi, huft selamat dah Warisan kita ini, dan sekarang udah nggak ada lagi orang yang ngaku ngaku kalau batik milik mereka bukan milik kita. Hehe..lagian nggak mikir apa yak kalo batik emang jelas2 warisan asli Indonesia.Dan sejak saat itu setiap tanggal 2 Oktober di Indonesia hampir semua masyarakat Indonesia memakai batik.

Bangga rasanya batik di akui Negara di dunia, setiap orang Indonesia yang ke luar Negeri  mengatasnamakan anak bangsa rasanya mereka wajib menggunakan Batik sebagai Baju Nasionalisme :-)
Sekarang tinggal bagaimana kita menjaga warisan leluhur ini supaya terus lestari sampai tak lekang oleh waktu*hikz kaya lagunya kerispatih. Saat ini ancaman bagi kita adalah batik batik buatan China yang sekarang marak dan beredar di Indonesia...waaa....ini masalah serius, karena yang gue tau produk batik dari china di jual dengan harga miring, dan ini bisa berbahaya buat Industri Batik Dalam Negeri, Seharusnya pemerintah serius dalam hal ini membatasi masalah impor, hikz..sedih juga waktu tau batik batik china banyak beredar di tanah air, Gimana sih cara membedakan batik china dengan batik Indonesia..Berikutciri ciri2 batik China yang beredar di pasaran:
  • kain yang digunakan bukanlah kain dengan kualitas yang baik dan corak nya agak kusam
  • motif yang dipakai cenderung motif kontemporer ( tidak jelas bentuknya )
  • perhatikan bagian belakang kain, apabila rapi seperti kain biasa, waspadai,
  • yang paling mudah adalah berhati-hati dengan harga. harga yang terlalu murah dan tidak wajar biasanya berasal dari batik china karena batik china memang sangat murah sekali.
Nah bagi kalian yang mencintai produk batik Indonesia, waspadalah terhadap batik batik china yang harganya sangat murah, berkisar antara Rp. 20.000 s/d Rp. 30.000 untuk 1 potong pakaian atasan, dan nggak mau kan pakai batik yang kelihatannya asli punya indonesia tapi menguntungkan pihak luar, dan ini bisa mematikan produsen batik dalam negeri. karena itu mulailah Cintai Batik dan Produk Indonesia. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar