Desember 31, 2010

Makna Tahun Baru

Sesaat lagi, hanya dalam hitungan jam kita akan segera meninggalkan tahun 2010 dan berganti pada tahun yang baru, dengan secercah harapan dan doa semoga di tahun yang akan datang kehidupan manusia akan lebh baik lagi di tahun yang semakin buruk. Lalu apakah semua tau makna pergantian tahun baru ini??
Pergantian tahun baru ini hendaknya kita gunakan untuk mengevaluasi diri, bermuhasabah karena bisa jadi ini adalah tahun terakhir kita hidup di dunia fana ini. Allah telah mengingatkan, " Apabila telah datang ajal mereka, maka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak pula mendahulukannya " ( QS 10:49 ). 

Beruntung kita masih di ingatkan dengan kegiatan kegiatan mengaji di malam pergantian tahun baru, yang benar benar sudah di program untuk menjaga kerusakan khususnya para generasi penerus, dan bersyukur karena sangat sedikit sekali diluar sana yang mengadakannya. Masih terlintas di benak saya ketika ada seorang teman yang meninggal di malam tahun baru hanya karena dia tidak mengindahkan nasehat orangtua untuk mengaji, dia malah keluyuran dengan teman-temannya diluar sana, dan ketika saya dengar berita pagi sekitar jam 4 subuh, dia telah meninggal tertabrak Metromini, saking penasaran saya  melintasi TKP untuk tau kabar tersebut, dan benar saja di tempat itu  masih berserakan serpihan serpihan kaca bekas tabrakan tersebut. naudzubillahimindzalik.

Janganlah kita latah dengan tradisi tahun baru dengan bersuka ria, berpesta bahkan menghamburkan uang yang tidak sedikit hanya untuk meluapkan kegembiraan yang semu di malam ini, karena pada dasarnya tidak datang di mana suatu tahun esok itu akan lebih baik daripada tahun sekarang dan demi masa  sesungguhnya kita berada dalam kerugian yang nyata, kecuali jika kita beriman dan beramal sholeh serta bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari semua yang terjadi dan hanya orang orang mukminlah yang bisa mendapatkannya.
Ingatlah di belahan dunia sana ada mereka yang tidak merasakan nikmatnya hari demi hari yang mereka jalani dengan normal, mereka selalu di cekam rasa ketakutan bahkan kehilangan nyawa tanpa tahu kapan akan berakhir, sementara kita dengan 'sombong' meluapkan kegembiraan ini.

Semoga tahun ini bisa jadi perenungan untuk diri kita bahwa bertambahnya tahun berarti berkurangnya umur kita dan bertambahnya tanggung jawab terhadap diri sendiri. Bersyukurlah terhadap nikmat Allah yang di berikan kepada kita tanpa harus 'mendzolimi' diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar