Mei 24, 2011

Khasiat Daun Sambiloto untuk Alergi

Sudah beberapa minggu ini saya mengalami yang namanya alergi, padahal sudah hampir 10 tahun tidak pernah alergi lagi, maklum waktu dahulu masih sekolah, setiap kali makan telur, pasti muncul alergi berupa bisul di kulit, haduh…curcol dah…hehe..tetapi pada waktu itu sembuh sendiri tanpa di obati, saya hanya mengurangi saja penyebabnya.
Namun belakangan ini muncul lagi alergi di tubuh saya, bukan berupa bisul, tapi gatal bentol bentol, setiap kali makan ikan atau seafood, muncul deh :)
Setelah cari ilmu di mbah google tentang penyebab munculnya alergi, barulah saya berpikir untuk mengobati diri sendiri secara alami, dan teringat orang tua dulu bahwa obat paitan itu ampuh mengobati penyakit, maka saya mulai mencari tanaman obat di sekitar rumah saya. Sebenarnya sih ada ‘mbak jamu’ yang setiap hari lewat, namun karena ingin belajar dari alam juga, saya mulai mencari tanaman obat itu, alhasil ketemulah saya dengan daun sambiloto ini, setelah ambil 2 batang daun sambiloto ukuran 10 cm, saya cuci bersih dan tidak saya petiki daunnya saja, saya merebusnya bersama batangnya supaya tidak nempel daun tsb di panci, setelah merebus dengan 2 gelas air, gunakan sebaiknya kendil ( dari tanah liat, biasanya untuk merebus jamu ). tunggu hingga mendidih dan biarkan hingga dingin, setelah itu diminum sebelum makan apapun. Saya melakukkan ini pagi sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.
Alhasil setelah 1 minggu rutin mengkonsumsi ini, alergi saya sembuh, bahkan sekarang makan jenis ikan atau seafood apapun, sudah nggak ngaruh lagi di kulit..:D
Daun ini mempunyai banyak khasiat, dan ilmu yang saya dapat dari browsing adalah, daun ini mempunyai khasiat antipiretik, anti radang dan anti histamin. Jadi selain alergi juga bisa untuk mengobati penyakit lain. Dan sebagai negara yang mempunyai banyak tanaman obat berkhasiat, nggak ada salahnya mencoba bukan?? dan semoga daun ini tidak di patenkan oleh negara tetangga seperti kunyit, padahal jelas jelas kunyit dan sambiloto ini asli tanaman Indonesia. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar