Januari 15, 2010

15 Januari 2010

Hari ini 15 januari 2010, berita yang gw tau ada gerhana matahari. kayaknya sekarang sering banget gerhana yak, kan belum lama ini kalo nggak salah kemarin pas jumat lebaran Idhul Adha juga terjadi gerhana gitu. Nah kali ini rencana nya sebagian wilayah Jakarta kebagian euy untuk ngeliat gerhana matahari itu yang kalau nggak salah di jam 14.33 wib. Coba ntar kita lihat yuaa.
Kebetulan nih hari cuacanya panas, meskipun dari pagi dingin buanget and agak mendung gitu. Mudah-mudahan gw bisa ngeliat gerhana itu. Jangan lupa kalo untuk ngeliat gerhana pakai kaca mata hitam or klise yang udah nggak kepake gitu supaya mata nggak rusak. Gue perlu siapin juga neh..hahaha....

Kalau menurut Islam, jika pada hari jumat terjadi 3 khutbah, yaitu khutbah Lebaran, Khutbah Gerhana, dan Khutbah Jumatan, siap siap ajja manusia akan datang kiamat, nauzubillah mindzalik. Mudah-mudahan gw nggak ngalamin yang seperti itu yuaa...coz udah 2 kali terjadi 2 khutbah yg satu pas waktu lebaran idul adha kemarin sama hari ini ada 2x khutbah lagi.

Proses gerhana itu dimulai dengan masuknya Bulan ke penumbra Bumi pada pukul 00.17 WIB. Namun dengan mata telanjang, kita akan kesulitan melihat perbedaan kenampakan Bulan saat ini dengan sebelum gerhana terjadi. Kita baru bisa melihat pemandangan yang membuat kita menahan nafas ketika waktu menunjukkan pukul 01.53 WIB, yaitu saat Bulan mulai memasuki umbra Bumi. Bagian tepi Bulan akan perlahan menghitam sedikit demi sedikit hingga mencapai puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan kembali seperti semula pada pukul 02.53 WIB.

Mudah-mudahan ini bisa menjadi pembelajaran bagi umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar